STANDAR PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI GURU/SERTIFIKASI GURU

  1. TUJUANNYA : PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) diharapkan kompetensi dan profesionalisme guru benar-benar lebih terjamin dengan menjalani masa pendidikan selama 2 semester atau 1 tahun. PPG (Program Pendidikan Profesi Guru) berlaku bagi yang ingin menjadi guru baik sarjana dari fakultas pendidikan, maupun non pendidikan
  2. PERSYARATAN :
  1. Pendaftaran online peserta PPG;
  2. Pre Test (TPA, Bidang Studi, Pedagogik, Bakat Minat);
  3. Pengumuman Hasil Pretest di Laman GTK (http://www.sergur.id);
  4. Bagi yang lulus pretest Calon PPG mengirimkan berkas ke Dinas Pendidikan:
  5. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir yang telah dilegalisasi oleh perguruan tinggi yang mengeluarkan ijazah, kopertis, dinas pendidikan kabupaten /kota/provinsi, atau notaris;
  6. Fotokopi SK Pengangkatan Pertamadan SK Pengangkatan 2 (dua) tahun terakhir, khusus bagi GTY yaitu SK pengangkatan dari  yayasan yang sama. SK tersebut dilegalisasi oleh:
      1. Guru PNS dilegalisasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi;
      2. PNS yang ditugaskan sebagai Guru oleh Pemerintah Daerah atau yang diberi kewenangan dilegalisasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota/Provinsi;
      3. Guru GTY dilegalisasi oleh KetuaYayasan;
      4. Guru bukan PNS di sekolah negeri yang memiliki SK dari Pemerintah Daerah atau yang diberi kewenangan dilegalisasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi;
  7. Fotokopi SK mengajar (SK pembagian tugas mengajar) 2 (dua) tahun terakhir;
  8. Surat ijin dari Kepala Sekolah atau Ketua Yayasan untuk menjadi peserta PPG tahun 2018;
  9. Pakta Integritas dari calon peserta bahwa berkas/dokumen yang diserahkan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya, seperti pada format sbb;
  10. Surat penyetaraan dari Kemenristek Dikti bagi peserta yang memiliki ijazah S1 dari luar negeri;
  11. Surat keterangan sehat dari dokter pemerintah;
  12. Surat keterangan bebas Napza dari BNN atau yang berwenang
  1. MEKANISME/PROSEDUR :
  1. Membawa persyaratan lengkap;
  2. Mendaftar pada Resepsionis di Loby dengan menulis pada buku tamu dan menyampaikan maksud dan tujuan untuk mengajukan PPG;
  3. Resepsionis meneruskan ke Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan;
  4. Verifikasi berkas oleh Dinas Pendidikan
  5. LOLOS  Jika memenuhi syarat sebagai calon peserta PPG maka yang bersangkutan dinyatakan Lolos
  6. TIDAK LOLOS  Jika tidak memenuhi syarat sebagai calon peserta PPG maka yang bersangkutan dinyatakan tidak lolos. Calon peserta diharapkan segera memenuhi persyaratan yang kurang lengkap. Sebelum batas akhir yang telah ditentukan.
  7. REGISTRASI ONLINE
    1. Proses registrasi online dilakukan oleh Dinas Pendidikan melalui laman http://www.sergur.id. Semua calon peserta akan diumumkan lewat aplikasi AP4G, Dinas Pendidikan melakukan verifikasi dan validasi data  dan selanjutnya persetujuan dilakukan oleh LPMP JawaTimur.
  8. PENEMPATAN PESERTA DI LPTK  UNTUK VERIFIKASI IJAZAH
  9. LOLOS  Verifikasi dan validasi ijazah dilakukan oleh LPTK masing–masing sesuai dengan kewenangannya memberikan persetujuan kepada calon peserta PPG.
  10. TIDAK LOLOS  Calon peserta PPG dinyatakan tidak lolos jika LPTK mengidentifikasi ijazahnya tidak linier.
  11. PENGUMUMAN DAN PEMANGGILAN BERDASARKAN SKEMA PEMBIAYAAN
    1. Pihak LPTK mengumumkan dan melakukan pemanggilan seluruh peserta calon PPG 2018 yang dinyatakan lolos verifikasi dan validasi data untuk selanjutnya dinyatakan sebagai peserta PPG 2018. Skema pembiayaan peserta PPG 2018 sebanyak 70.000 dengan rincian 20.000 dibiayai oleh pemerintah pusat sedangkan 50.000 dibiayai oleh Pemerintah Daerah atau Satuan Pendidikan. Biaya pelaksanaan PPG 2018 terdiri dari biaya pendidikan sebesar Rp. 7.500.000 dan biaya pribadi (transportasi, biaya hidup dll ) dasar surat dari Direktorat : 2908/B1.1/GT/2018 tanggal 31 Januari 2018 Perihal Pemberkasan Calon Peserta PPG 2018.
  12. LAPOR DIRI DI LPTK  Peserta PPG 2018 akan dipanggil oleh pihak LPTK masing-masing untuk persiapan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Pendidikan Profesi Guru ( PPG ) 2018.
  13. PELAKSANAAN PPG  Seluruh peserta PPG 2018 akan mengikuti kegiatan dimaksud sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan oleh masing – masing LPTK
  1. WAKTU : 1 HARI KERJA
  2. BIAYA  : GRATIS / Rp. 0 (Nol) Rupiah
  3. PRODUK PELAYANAN : SERTIFIKAT PENDIDIK

 

Sekretaris Dinas Pendidikan

Sekretaris Dinas Pendidikan
Drs. AGUS SALIM, M.Pd.

BANNER

Aplikasi GTKSekolah KemendikbudJendela Kemdikbud

POLLING

Bagaimana menurut anda pelayanan di DINAS PENDIDIKAN Kab. Lumajang Tahun 2019
  Sangat Memuaskan
  Memuaskan
  Cukup Memuaskan
  Tidak Memuaskan