Dindikbud Kab. Lumajang Gelar Sosialisasi e-Kinerja pada Platform Merdeka Mengajar

SHARE

Lumajang, 10 Januari 2024 - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Lumajang menggelar sosialisasi e-kinerja pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada tanggal 9 Januari 2024. Acara ini dihadiri oleh Pengawas dan Penilik, Koordinator Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan se-Kabupaten Lumajang dan juga perwakilan dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dindikbud, Akhmad Wahyudi, AP., MM. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa e-kinerja merupakan salah satu instrumen penting dalam pengelolaan kinerja aparatur sipil negara (ASN). Dengan e-kinerja, kinerja ASN dapat dipantau dan dievaluasi secara objektif dan transparan.

"Pengelolaan kinerja ASN yang baik akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan publik," ujar Akhmad Wahyudi.

Pemateri berikutnya adalah Choirul Mas`udin, AP., Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKD Kabupaten Lumajang. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa e-kinerja merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola kinerja ASN secara elektronik. Aplikasi ini dikembangkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

"e-Kinerja terdiri dari beberapa komponen, yaitu perencanaan kinerja, pelaksanaan kinerja, pemantauan kinerja, dan penilaian kinerja," ujar Choirul Mas`udin.

Pemateri berikutnya adalah Nurul Hudaeri, S.Pd. Dalam paparannya, beliau menyampaikan bahwa Platform Merdeka Mengajar adalah platform yang menyediakan berbagai layanan dan dukungan bagi guru dan kepala sekolah. Platform ini terintegrasi dengan e-kinerja.

"Dengan terintegrasinya e-kinerja dengan Platform Merdeka Mengajar, maka kinerja guru dan kepala sekolah dapat lebih mudah dipantau dan dievaluasi," ujar Nurul Hudaeri.

Acara sosialisasi ini berjalan lancar dan diikuti dengan antusias oleh peserta. Peserta merasa mendapatkan informasi yang bermanfaat mengenai e-kinerja dan Platform Merdeka Mengajar.

"Acara sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami menjadi lebih memahami mengenai e-kinerja dan Platform Merdeka Mengajar," ujar salah satu peserta sosialisasi.