Sosialisasi Kebijakan Program Prioritas Kemendikbudristek terkait Guru Penggerak

SHARE

Sosialisasi Program Prioritas Kemendikbudristek tentang Guru Penggerak menjadi hal penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Acara yang digelar di Aula SMK Muhammadiyah Lumajang pada Hari Senin, 27 November 2023, dihadiri oleh Kepala Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak dari berbagai sekolah di Kabupaten Lumajang.

Sosialisasi dibuka oleh Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan, Herwanto, S.Pd., menggarisbawahi pentingnya program ini dalam menciptakan pemimpin pembelajaran yang menerapkan konsep pembelajaran yang lebih merdeka. 

Program Guru Penggerak diarahkan untuk:

  1. Menciptakan pemimpin kegiatan pembelajaran yang mendorong konsep pembelajaran yang lebih mandiri bagi siswa.
  2. Menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk memastikan pendidikan berorientasi pada kebutuhan dan potensi siswa.
  3. Memperbarui rencana inisiatif perubahan dalam diri guru.
  4. Mengimplementasikan pendekatan disiplin positif di kelas dan lingkungan sekolah.
  5. Memberikan keleluasaan bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah untuk melakukan transformasi pendidikan secara lebih efektif.

Program Guru Penggerak ini juga melibatkan mitra, termasuk kepala sekolah dan pengawas sekolah, untuk mendukung penyelenggaraan dan transformasi pendidikan. Pendamping atau pengajar praktik turut serta dalam mendukung proses ini dengan mengamati dan merefleksikan perubahan praktik yang terjadi di lapangan. Dengan demikian, program ini berperan penting dalam meneguhkan peran guru sebagai agen perubahan yang dinamis dalam sistem pendidikan.