Sosialisasi PPDB Online Tahun 2023

SHARE

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang telah melaksanakan Sosialisasi PPDB Online Tahun 2023 untuk jenjang SMP pada Selasa, 18 April 2023. Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pendaftaran PPDB secara online dan mengenalkan kebijakan terbaru yang diberlakukan untuk tahun ini.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang PAUD Dikdas, Yusuf Ageng Pangestu, S.Pd., dan teknis pengaplikasian oleh Nurul Hudaeri, S.Pd. di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. Salah satu kebijakan terbaru dari PPDB Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang adalah Golden Ticket PPDB Jalur Pramuka Garuda dan Jalur Hafidz Qur'an. Kebijakan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan yang sama bagi peserta didik yang memiliki prestasi di bidang kepramukaan dan keagamaan untuk masuk ke sekolah yang diharapkan.

Selain itu, ada Kuota Khusus ADEM (Afirmasi Pendidikan Menengah) bagi siswa Program ADEM Papua dan Papua Barat serta daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal), Siswa Disabilitas, Anak Buruh dari Keluarga Tidak Mampu dan Anak Tenaga Kesehatan yang terlibat langsung dalam penanganan COVID-19. Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh siswa tanpa terkecuali.

Terdapat juga kebijakan Terkait Batas Usia Paling Rendah Pendaftar bagi Jenjang Sekolah Dasar (SD) dan adanya Kemudahan Daftar Ulang pada Hari H dan H+1 Pengumuman Penerimaan tiap tahap pendaftaran. Semua kebijakan tersebut diharapkan dapat menjadikan PPDB Tahun 2023 berjalan dengan lancar dan memberikan kesempatan yang lebih besar bagi siswa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Dasar menyampaikan bahwa pelaksanaan PPDB Tahun 2023 diharapkan dapat sesuai dengan Juknis yang telah ditandatangani Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang. Beliau juga berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik dan mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk mengikuti PPDB Tahun 2023 ini.

Untuk tautan paparan teknis pelaksanaan PPDB bisa di unduh di sini